Kurang Tinggi? Coba Lakukan Hal ini

Tinggi badan memang bisa menjadi masalah di kemudian hari. Misalnya saja, Anda ingin masuk dalam salah satu profesi yang mematok batas tinggi badan tertentu. Bila tinggi badan Anda kurang, alhasil Anda pun tidak lolos seleksi.
Tak ingin terjadi hal yang sama pada anak Anda? Beberapa faktor non-genetik yang memengaruhi tinggi badan seperti gizi, gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, serta saat janin yang masih di dalam kandungan sebenarnya bisa dimodifikasi.
Selain mengonsumsi makanan sehat, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu meninggikan badan secara alami.
  • Aktif bergerak
Saat anak aktif, tubuh akan lebih banyak nutrisi. Penyerapan nutrisi pun akan lebih maksimal saat anak aktif. Hal ini pun berlaku saat anak berolahraga. Oleh karena itu, Anda dan anak bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berenang, sepakbola, kasti, tenis, basket, atau peregangan tubuh setiap hari.
  • Kurangi obat-obatan
Saat dalam masa pertumbuhan, hindari beberapa faktor yang bisa menghambat pertumbuhan, seperti obat-obatan (terutama steroid), serta kafein. Hal ini untuk menjaga pertumbuhan berjalan maksimal dan mencegah malnutrisi.
  • Tidur cukup
Tidur atau istirahat secara cukup pun bisa membuat tinggi badan Anda bertambah. Hal ini karenaHuman Growth Hormone (HGH) diproduksi tubuh saat sedang tidur nyenyak. Oleh karena itu, anak-anak dan remaja perlu tidur selama 8 – 11 jam.
  • Yoga
Cara lain untuk meninggikan badan secara alami adalah melakukan berbagai posisi yoga dan latihan pernafasan yang dapat melepaskan ketegangan pada otot belakang.
  • Gerakan lawan gravitasi
Lakukan gerakan melawan gravitasi, seperti bergelantungan selama 20 detik, tengkurap serta memosisikan tubuh seperti bermain pesawat-pesawatan. Selain itu, Anda juga bisa berbaring dengan lutut tertekuk sambil mengangkat panggul ke atas dan lakukan selama 20 – 30 detik. Lakukan setiap hari, ya!

dikutip dari  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata - Kata 15

Pola Makan Untuk Miliki Kulit Bersinar