Bahasa Indonesia


Cara Menulis / Membuat Teks Pidato dengan Benar
By Sakinah Fitri
Dalam menulis pidato diperlukan dasar-dasar yang tepat supaya hasil dari pidato tersebut benar-benar mudah dipahami oleh pendengar. Dalam menulis / membuat naskah pidato, berdasarkan tujuannya pidato dapat dikelompokkan ke berikut ini:
  • Inofatif: menyampaikan informasi kepada pendengar
  • Argumentatif: meyakinkan pendengar tentang kebenaran suatu hal atau pendapat
  • Rekreatif: menghibur pendengar supaya merasa senang dengan sesuatu yang disampaikan
  • Persuasif: mempengaruhi pendengar untuk mengikuti apa yang disampaikan
  • Deskriptif: menggambarkan suatu peristiwa atau keadaan
Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun naskah / teks pidato supaya pidato dapat berjalan dengan baik.
  1. Pokok masalah (tema). Dalam berpidato pokok masalah atau yang disebut dengan tema merupakan hal terpenting yang harus diketahui. Hal ini bertujuan supaya pembahasan dalam pidato dapat fokus dalam masalah yang dibahas.
  2. Tujuan. Dengan adanya tujuan, isi pidato bisa terarah dan jelas sehingga maksud yang disampaikan dapat mudah dipahami dan diterima oleh pendengar.
  3. Kerangka pidato (sistematika). Kerangka pidato disusun untuk lebih memudahkan kita dalam menyampaikan pidato. Kerangka pidato meliputi salam pembuka, kata pengantar, isi pidato, kesimpulan atau harapan, dan salam penutup.
  4. Mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah
  5. Hal-hal yang tidak kalah penting adalah mengembangkan kerangka pidato meliputi diksi yang tepat, struktur kalimanya, kalimat pembangun harus menuju satu gagasan pokok, dan penulisan harus sesuai dengan EYD.
Sekedar informasi:
  • Gasan utama adalah gagasan pokok yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca
  • Majas atau gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam penyampaian pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Sastra, kata sastra berasal dari bahasa Sanskerta shastra yang berarti tulisan yang mengandung intruksi atau pedoman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata - Kata 15

Pola Makan Untuk Miliki Kulit Bersinar